Skip to content

Wacana Soal Pemblokiran jaringan Blackberry Dan Rumitnya Enkripsi Yang Dibuat Oleh Pihak Research in Motion (RIM)

August 5, 2010

Begini menurut saya yang saya ambil dari beberapa sumber informasi yang ada

Blackberry (BB) merupakan smartphone yang sedang populer di Indonesia saat ini dan secara de Facto berhasil menggeser popularitas Nokia Communicator yang selama bertahun-tahun menguasai pangsa pasar terbesar smartphone di Indonesia, baik pengguna yang memang benar membutuhkan dan menggunakan secara penuh fitur tersebut maupun yang hanya ingin gaya/keren saja karena bisa beli ponsel mahal. Banyak keunggulan yang diklaim pengguna BB baik dari kemampuan push email, messenger, GPS, browsing dan seabrek keunggulan lainnya yang sebenarnya secara teknis juga dimiliki oleh Smartphone lainnya.

Kalau memang benar secara teknis BB tidak memiliki keunggulan fitur dan kemampuan yang signifikan dibandingkan dengan smartphone lainnya, lalu apa rahasianya sehingga BB bisa menguasai pangsa pasar smartphone yang sangat kompetitif. Jawabannya ada pada jaringan eksklusif yang dimiliki oleh RIM (Research In Motion) yang menghubungkan seluruh BB di seluruh dunia. Dengan adanya jaringan eksklusif ini, para pengguna BB dapat berkomunikasi baik mengirimkan email maupun BB Messenger (sejenis Yahoo Messenger) hanya mengandalkan PIN (nomor pengenal) BB dan hal ini hanya dapat dilakukan pada perangkat BB.

Faktor lain adalah karena jaringan yang dikelola sendiri oleh RIM memungkinkan RIM untuk menjaga kehandalan koneksi perangkatnya dimana sebagai contoh Pushmail yang menjadi salah satu fitur unggulan BB terkenal handal karena mengandalkan jaringan RIM untuk mendownload email dari mailserver manapun di seluruh dunia. Hal ini menghilangkan ketergantungan pada provider yang tidak bisa didapatkan perangkat lain yang mengandalkan 100 persen koneksi internet pada koneksi provider.

Selain itu, ada beberapa hal kecil tetapi sangat berpengaruh dimana RIM juga melakukan “pekerjaan rumahnya” memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di mana ia melakukan kompresi untuk lalu lintas data jaringannya dan menerapkan beberapa aturan tambahan seperti tidak secara otomatis mengunduh lampiran email sehingga hal ini menurunkan bandwidth koneksi secara signifikan yang berakibat peningkatan kecepatan koneksi dibandingkan pesaingnya.

Pencuri HP yang berpengalaman akan menghindari mencuri BB, maksudnya jika dibandingkan dengan smartphone lainnya karena setiap perangkat BB yang terkoneksi ke server RIM harus memiliki pengenal yang unik yang di sebut PIN BB. Jika perangkat BB anda hilang, anda bisa melaporkan ke RIM sehingga PIN perangkat anda yang hilang tersebut diblokir dan otomatis perangkat BB curian tadi sampai jaman kuda gigit prosesorpun tidak akan bisa mengakses jaringan RIM dan hanya bisa melakukan telepon, SMS dan MMS yang hanya mengandalkan jaringan provider.

Dengan kata lain, Blackberrynya jadi kehilangan kekuatan utamanya, ibarat Samson di cukur sampai botak. Ini yang membedakan BB dengan smartphone biasa. Sebenarnya setiap telepon memiliki pengenal yang unik yang dikenal dengan istilah IMEI dan secara teori bisa diblokir dan tidak bisa dipakai lagi, tetapi yang menjadi masalah, provider di Indonesia tidak memiliki database yang terhubung sehingga “andaikan” provider anda bersedia melakukan pemblokiran IMEI HP yang hilang pada servernya tetapi jika HP tersebut menggunakan provider lain, maka HP tersebut akan bisa berfungsi. Untuk berhasil memblokir IMEI di satu provider saja sudah seperti dapat undian, ini meminta blokir IMEI di semua provider.

Selain digunakan untuk kepentingan positif, rupanya teroris Mumbai juga menggunakan BB dalam menjalankan aksinya, salah satu alasannya adalah karena enkripsi yang disediakan oleh perangkat ini sudah cukup aman dan membutuhkan usaha, biaya dan sumberdaya yang besar untuk dapat mengawasi komunikasi data seluruh pengguna Blackberry di satu negara, katakanlah India atau Indonesia sekalipun.

Sampai-sampai presiden Barrack Obama secara tidak langsung “mempromosikan” BB karena rupanya ia termasuk pengguna BB yang intensif dan banyak terbantu oleh BB dalam komunikasi ketika kampanye. Sehingga ketika ingin dipisahkan dari BBnya (tercinta), ia langsung melakukan perlawanan mempertahankan BBnya. Sebenarnya para petugas kantor kepresidenan tidak berlebihan karena untuk level Presiden Amerika Serikat, menggunakan BB untuk komunikasi resmi urusan kantor (Kepresidenan Amerika Serikat) sangat berbahaya. Salah satu hal yang ditakuti adalah pengaktifan GPS BB milik Obama akan memberikan koordinat yang tepat dimana dia berada dan hal ini akan sangat membantu pihak yang berniat jahat padanya.

Seperti diuraikan di atas, sebenarnya BB termasuk perangkat yang lebih aman dibandingkan dengan smartphone lainnya karena selain menggunakan jaringan provider, ia memiliki jaringan sendiri yang eksklusif. Tetapi ini hanya berlaku jika penggunanya orang awam dan bukan orang penting dengan data komunikasi yang penting dan di incar. Kalau smartphone dapat kita ibaratkan sebagai mobil yang dapat melindungi penggunanya dari ranjau paku karena sudah menggunakan ban tubeless, maka Blackberry bisa diibaratkan dengan mobil khusus dengan teknologi run flat tire. Jadi sekalipun terkena ranjau khusus ban tubeless mobil tetap stabil dijalankan sampai kecepatan 80 km per jam.

Tetapi Presiden Obama membutuhkan lebih dari itu, selain run flat tire, presiden Obama juga membutuhkan mobil antipeluru dan antibom mobil karena ancaman untuknya jauh lebih besar dari orang awam. Demikian pula dengan Blackberry dari Presiden Obama, meskipun sudah dilengkapi dengan jaringan eksklusif dari RIM (Researh in Motion) dan khusus untuk Blackberry Presiden Obama RIM juga memberikan enkripsi tambahan, hal ini masih tetap dinilai tidak aman oleh NSA (National Security Agency), agensi kriptografi pemerintah Amerika yang mengkhususkan diri melindungi informasi vital Amerika.

Hal ini diyakini benar karena seorang hacker terkenal, Kevin Mitnick secara tidak langsung sudah membeberkan langkah strategis untuk memecahkan kode sandi pelindung (enkripsi) Blackberry Obama yang sudah diperkuat dengan enkripsi ganda. Kalau bicara memecahkan enkripsi yang paling rumit sekalipun, sekumpulan hacker di Rusia dalam waktu tidak terlalu lama akan berhasil mencari cara untuk mengetahui informasi penting terenkripsi yang di kirimkan oleh Presiden Obama, belum lagi bicara pemerintah negara lain yang berkepentingan yang memiliki dana dan sumberdaya yang dapat dikatakan tidak terbatas untuk memecahkan kode sandi enkripsi ini, karena pada prinsipnya tidak ada enkripsi yang aman di dunia ini dan hanya masalah waktu dan sumberdaya saja untuk memecahkan satu enkripsi rumit.

baru-baru ini Dancho Danchev independent security consultant dan cyber threats analyst mengemukakan pendapatnya soal enkripsi data yang dibuat oleh Research In Motion (RIM) dia menyatakan bahwa enkripsi yang dibuat oleh pihak RIM Memiliki Enkripsi Berstandar Militer dan BlackBerry menggunakan enkripsi tingkat tinggi dalam transfer data yang sulit ditembus oleh agen keamanan sejauh ini.

Blackberry Enterprise Server with Blackberry MDS Services yang disinyalir menggunakan enkripsi otomatis AES or Triple DES*

jadi yang di keluhkan oleh beberapa negara selain Amerika yaitu (Arab saudi, UEA, india dan indonesia) adalah mereka tidak bisa memonitor komunikasi yang lalu-lalang lewat ponsel smartphone besutan Research in Motion (RIM) dari Kanada itu. Sebab, BlackBerry menyalurkan data enkripsinya secara otomatis ke server komputer di luar kedua negara itu yaitu server RIM yang berpusat di kanada.

Blackberry keluaran Research in Motion (RIM) terancam hadapi pelarangan kecuali jika produk tersebut bisa memenuhi tuntutan pemerintah India  dalam pengawasan saksama atas aktivitas-aktivitas transfer data sehubungan dengan munculnya kembali ancaman serangan teroris. Permintaan India ini menyusul permintaan serupa dari Uni Emirat Arab di awal minggu ini.

Isu yang mengemuka adalah bahwa para teroris dapat menggunakan layanan BlackBerry untuk mengkoordinasikan serangan mereka sebab data ter-enkripsi yang dikirim lewat perangkat BlackBerry ini tidak dapat dideteksi dengan mudah.

BlackBerry menggunakan enkripsi tingkat tinggi dalam transfer data yang sulit ditembus oleh agen keamanan sejauh ini. Oleh karenanya Kementrian Dalam Negri India telah menegaskan kembali tuntutannya agar RIM meng-konfirgurasikan kembali format enkripsinya agar sesuai dengan permintaan badan intel-nya sehingga memudahkan kegiatan pengawasan mereka.

Sejak serangan di kota Mumbai tahun 2008 lalu, yang membunuh 166 orang, pejabat berwenang India telah meminta perusahaan-perusahaan telepon untuk membatasi layanan pra-bayar di Kashmir sebab layanan ini tidak memerlukan bukti verifikasi individu. Selain itu, juga meminta para vendor telekomunikasi memberikan ijin bagi inspeksi data reguler.

Kasus BlackBerry ini menjadi sorotan saat para teroris yang terperangkap di hotel Mumbai tahun 2008 diketahui menggunakan BlackBerry untuk berkomunikasi dan menerima peringatan atas respon polisi dalam serangan itu, kendati kabel pemasok di putus di hotel tersebut.

Di awal minggu ini, Uni Emirat Arab mengumumkan kekuatirannya atas cara RIM menyimpan dan mengirim data pada network dengan server diluar negara itu. “Beberapa aplikasi BlackBerry memungkinkan pengguna untuk menyalahgunakan layanan tersebut, yang dapat mengakibatkan seriusnya ancaman keamanan sosial, hukum dan nasional,” sebut sebuah pernyataan dari pemerintah Emirat.

Selama ini yang menjadi daya tarik utama BlackBerry adalah tingkat keamanan datanya yang menyediakan enkripsi data berlevel tinggi – hal favorit dalam komunitas pebisnis – yang menyebabkan sulitnya aktivitas inspeksi data. Oleh karena server RIM berada di Kanada, menjadikan kegiatan transfer data dan inspeksi hal yang rumit secara diplomatik bagi agen keamanan di negara lain.

dan lagi isu bahwa Research in motion (RIM) menganak emaskan presiden Amerika Barrack Obama, Obama Mendapatkan BlackBerry dengan Enkripsi Super Presiden Amerika ke-44 Barack Obama yang sempat khawatir harus berpisah dengan BlackBerry kesayangannya setelah mulai menjalani tugasnya sebagai Presiden karena kekhawatiran keamanan, merasa lega setelah diijinkan untuk tetap menggunakan peralatan yang adiktif itu. “Presiden memiliki sebuah BlackBerry melalui sebuah kompromi yang memungkinkan dirinya untuk tetap berhubungan dengan karyawan senior dan sekelompok teman pribadi, namun penggunaannya akan terbatas,” kata juru bicara Gedung Putih Robert Gibbs hari Selasa kemarin.

Blackberry Obama akan dikonfigurasi khusus, memiliki fitur terbatas dan akan memiliki fitur-fitur keamanan tambahan. TGDaily melaporkan bahwa Blackberry Obama juga akan menggunakan enkripsi rahasia untuk menjamin pesan-pesan pribadinya tidak dibaca orang lain dalam pengiriman.

Obama yang diambil sumpahnya hari Selasa lalu, dikenal sebagai pengguna yang keranjingan oleh peralatan mobile yang dibuat oleh Research In Motion Ltd., dan ia telah berjuang melawan upaya karyawan yang terus mendorongnya untuk berhenti menggunakan BlackBerry kesayangannya tersebut.

Email yang dikirimkan seorang Presiden dianggap sebagai arsip publik, kata Gibbs dan akan menjadi topik yang akan disingkap setelah Presiden meninggalkan posisinya.

Gorge W. Bush dan Bill Clinton juga tidak menggunakan email pada masa kepresidenannya

bisa di lihat gak mungkin kalau Research in motion itu bersikap netral pastilah Amerika turut campur dalam konfigurasi khusus yang dikembangkan untuk presiden Barrack Obama disini lagi-lagi Amerika memegang kendali. Apakah pembaca masih ingat soal titik balik Perang Asia Timur Raya yang awalnya dimenangkan oleh tentara Dai Nippon yang pada akhirnya berhasil dikalahkan oleh Amerika Serikat ternyata tidak didapatkan dari keunggulan mesin perang yang canggih baik oleh kapal perang, tank, pesawat atau nuklir (nuklir hanya mempercepat menyerahnya Jepang yang saat itu tetap ngeyel meskipun sebenarnya sudah kalah perang). Rahasia kemenangan Amerika terhadap Jepang adalah karena kode sandi rahasia (enkripsi) pesan yang digunakan oleh Jepang berhasil dipecahkan oleh Unit Kombat Intelijen Amerika.

Dan mulai saat itu segala kekuatan pasukan, gerakan, tipu daya dan strategi Jepang diketahui persis oleh Amerika. Titik balik Perang Asia Timur Raya diawali pada perang Midway dimana pasukan Amerika sukses membungkam 4 kapal induk Jepang karena sebelumnya telah mengetahui dengan persis data pasukan, arah gerakan serta tipuan apa yang akan digunakan Jepang pada perang di Midway. Pukulan telak kedua adalah berhasil disergapnya pesawat inspeksi Jepang ke Bougenville yang membawa Laksamana Yamamoto yang terkenal selalu on time (terkadang ngaret tidak selalu jelek yah?), di mana untuk keberhasilan misi ini membutuhkan informasi waktu, tempat dan kekuatan pesawat pengawal yang tepat.

Hal ini menunjukkan pentingnya perlindungan atas informasi penting baik komunikasi militer ataupun intelijen. Hal inilah yang mendasari keputusan para pejabat kepresidenan untuk “menyita” Blackberry presiden Obama karena khawatir atas kebocoran informasi jika Presiden Obama menggunakan perangkat tersebut sebagai alat komunikasi khususnya yang menyangkut rahasia negara.

Ancaman pemerintah india untuk memblokir jaringan Blackberry

Pemerintah India akan mematikan jaringan Blackberry di negara ini jika pihak Research in Motion tidak diijinkan untuk membuka kunci enkripsi dan memonitor lalu lintas para pengguna BB. tapi pemerintah india tampaknya telah menemukan solusi yang lebih pragmatis, dan menemukan langkah yang mengejutkan secara terbuka mengumumkan bahwa mereka akhirnya berhasil crack enkripsi Blackberry’s:

“Pemerintah telah dekripsi data Research In Motion (RIM) BlackBerry jaringan Motion. Departemen telekomunikasi (DOT), Biro Intelijen dan keamanan kantor Teknis Nasional Penelitian Organisasi (NTRO) telah dilakukan tes pada penyedia layanan seperti Bharti Airtel, BPL Mobile, Reliance Communications dan Vodafone-Essar jaringan untuk intersepsi pesan Internet dari non BlackBerry – perangkat BlackBerry.

Awalnya, ada kesulitan di cracking sama pada jaringan Vodafone-Essar tetapi juga telah diselesaikan. Ini berarti bahwa pesan e-mail yang dikirim di Internet melalui perangkat BlackBerry Anda tidak lagi eksklusif dan pemerintah akan dapat melacak mereka. “

Mereka juga perlu dekompresi, atau menekankan pada kenyataan bahwa usaha mereka tidak dapat mempengaruhi pengguna BlackBerry Enterprise Service.

Pemerintah “tes dekompresi” tampaknya tidak akan mempengaruhi solusi perusahaan Blackberry, tapi sekarang bahwa itu menjadi jelas bahwa mereka membutuhkan semua telekomunikasi setempat untuk “membuat perubahan teknis dalam pelayanan mereka untuk membuat mereka kompatibel untuk dekompresi”, tes menunjukkan bahwa pemerintah di sengaja melemahkan keamanan data yang dikirimkan ke seluruh negeri.

Mempertimbangkan enkripsi end-to-end multi-layered bahwa pengguna Blackberry dapat arsip, klaim India untuk dapat menguping lalu lintas Internet BlackBerry Internet Service, tetapi masih dalam wacana untuk mempertimbangkan enkripsi end-to-end BlackBerry Enterprise Layanan AES atau Triple DES, tidak benar-benar dihitung sebagai cracking enkripsi Blackberry’s.

Pemerintah India masih tidak puas dengan jawaban Research In Motion (RIM) atas permintaannya untuk memperoleh akses memonitor lalu lintas informasi pada layanan BlackBerry di negara tersebut. RIM dinilai hanya memberikan akses terbatas sehingga semua layanan yang tidak bisa dimonitor penuh akan diblokir.

“Sikap kami jelas bahwa layanan BlackBerry yang tidak dapat dipantau aparat kami akan ditutup. Hak untuk mengakses data adalah salah satu syarat lisensi layanan telekomunikasi yang harus dipenuhi,” tulis suratkabar lokal, Rabu (4/8/2010) dari pejabat pemerintah yang tidak disebut namanya.

Sebelumnya, RIM menyatakan bahwa pihaknya setuju untuk memberikan akses kepada Pemerintah India untuk melacak lalu lintas email di layanan BlackBerry, namun tidak bisa memberikan kunci enkripsi masing-masing email tersebut. Alasannya, RIM sendiri tidak bisa mengakses data di masing-masing email pengguna model sistem keamanan yang diterapkan adalah setiap konsumen secara teknis menciptakan kunci enkripsi sendiri dan hanya mereka yang bisa membukanya. Tidak ada pihak ketiga yang berhak membuka enkripsi tersebut.

Advertisements

From → Teknologi

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s